Kamis, 07 Agustus 2014

Jenis Kamera

Kamera di sekitar kita ada buanyak buangetttt hehehe :P Kamera handphone, smartphone, tablet, digital, DSLR, SLR, banyak lah pokoknyaaa.. Nah. biar nggak pada bingung, yuk kita simak artikel di bawah ini yaa.. Kita akan bahas tentang beberapa jenis kamera yang ada di sekitar kita nih..

Kamera Saku (Pocket Camera)

Kamera saku ini adalah kamera yang paling populer di antara jenis kamera yang lainnya, karena paling banyak digunakan orang. Sebagian besar kamera saku menggunakan pengaturan yang otomatis, hanya sedikit yang menggunakan pengaturan manual. Cahaya yang melewati lensa kamera saku secara langsung membakar media penangkap gambar.. Memang kelebihannya adalah memudahkan orang untuk merekam momen. Namun,  kelemahannya yaitu lensa kamera saku tidak bisa diganti, selain itu ada perbedaan antara pandangan pemotret dengan pandangan lensa, atau yang disebut dengan paralaks.

Kamera TLR (Twin Lens Reflex)

 

Kamera TLR ini disebut juga kamera refleks lensa ganda, karena mempunyai lensa yang ganda, yaitu jendela bidik/viewfinder yang diberikan lensa identik dengan lensa di bawahnya. Namun, masih ada kelemahan dalam kamera TLR ini, yaitu masih adanya paralaks yang dapat ditimbulkan karena sudut dan posisi kedua lensa tidak sama.

Kamera SLR (Single Lens Reflex)

Kamera SLR ini mempunyai kembaran berupa kamera digital biasa yang disebut Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Kamera jenis ini juga merupakan kamera yang sangat populer digunakan fotografer profesional maupun yang sekedar menyalurkan hobi foto. Kamera ini mempunyai banyak kelebihan, diantaranya yaitu tidak terjadi paralaks karena memiliki cermin datar dengan singkap 45 derajat di belakang lensa, sehingga apa yang terlihat oleh pemotret dari jendela bidik sama dengan yang ditangkap oleh film, serta lensa yang dapat diganti-ganti.
Bagian dalam kamera DSLR
  1. Lensa
  2. Cermin Pantul (reflex mirror)
  3. Shutter
  4. Sensor
  5. Layar focusing
  6. Lensa condenser
  7. Pentaprisma
  8. Viewfinder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar