Rabu, 06 Agustus 2014

About photography

Nah, temen-temen, kali ini kita bakalan membahas mengenai fotografi itu apa sih sebenernya? Check it out!


Pertama, kita akan membahas definisi fotografi dari asal mula kata fotografi itu sendiri, yaitu dari bahasa Inggris photography, yang merupakan kata serapan dari bahasa Yunani photos - grapho. Photos berarti cahaya dan grapho berarti melukis. Bila digabungkan, sesuai dengan asal mula kata, fotografi adalah melukis dengan cahaya.

Fotografi merupakan proses mengabadikan sebuah momen dengan menangkap cahaya pantulan objek. Cahaya ini akan ditangkap oleh bagian kameran yang peka terhadap cahaya, sehingga dapat menghasilkan gambar yang kita sebut dengan foto.

Fotografi dapat dipelajari agar dapat menghasilkan karya yang baik. Namun orang yang melakukan fotografi (biasa disebut dengan fotografer), harus mempunyai jiwa seniman, agar foto yang dihasilkan dapat bernilai seni, dan membuat orang lain tertarik untuk melihat foto yang dihasilkan. Foto yang baik adalah sebuah karya yang mampu mengekspresikan ide dalam sebuah gambar dan juga mempunyai nilai yang terkandung di dalam foto yang ingin disampaikan kepada audiens penikmat foto.

Alat fotografi tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat luas, yaitu kamera. Kita dapat menemukan kamera di mana saja, di handphone, smartphone, tablet, kamera digital, kamera SLR, DSLR, dan banyak deh jenisnya. Adanya fitur kamera di telepon genggam yang dimiliki masyarakat, memudahkan setiap orang untuk mengabadikan momen menjadi sebuah foto. Namun, tidak semua dapat disebut dengan fotografer. Ingat prinsip di atas bahwa fotografer yang sesungguhnya tidak hanya bisa menggunakan atau mengoperasikan kamera, tapi juga mampu menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam sebuah foto dan tentunya mampu mengkomunikasikan nilai dari sebuah foto yang dihasilkan.

So, kalau pada minat dengan fotografi, jangan setengah-setengah, tapi terus perdalam pengetahuan dan kemampuan tentang fotografi, dan mengasah kemampuan itu, sampai dapat menuangkan ide masing-masing dalam sebuah foto. Semangat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar