Selasa, 19 Agustus 2014

Fotografi Olahraga

Fotografi olahraga, mungkin masih ada orang yang tidak tahu tentang istilah ini.

Fotografi olahraga intinya adalah memotret pergerakan manusia yang mempunyai nilai tertentu, misalnya dramatis. Pergerakan manusia ini terjadi karena ada suatu momen atau peristiwa tertentu, dalam hal ini adalah momen olahraga.

Beberapa kejadian dalam momen olahraga yang bisa diabadikan dan disebut fotografi olahraga yaitu: saat ada yang mengalami cedera, saat ada yang menang, saat-saat menegangkan, saat menghadapi tantangan dan sebagainya.Tentunya momen-momen ini hanya terjadi dalam waktu singkat, sehingga sangat dibutuhkan konsentrasi yang besar untuk dapat mengabadikan momen-momen itu.

Fotografer juga dituntut untuk mengetahui permainan olahraga yang akan difotonya. Harus tahu benar apa yang akan terjadi dalam momen olahraga itu, sehingga sudah ada persiapan untuk memotret momen-momen menarik yang akan terjadi, setidaknya sudah ada bayangan atau gambaran momen apa yang akan terjadi dan kapan terjadinya. Semacam menjadi peramal momen hehehe. Tapi, fotografer juga harus siap sedia selama olahraga berlangsung, karena momen penting bisa terjadi kapan saja, kata bapak fotojurnalis dunia Henrie Cartier Bresson.

Fotografer juga harus mampu menambahkan permainan komposisi pada foto yang akan dihasilkannya. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan unsur ruang dan tempat yang ada pada saat kejadian. Apabila olahraga outdoor, fotografer bisa juga memadukan unsur alam (misal cuaca dll) agar foto yang dihasilkan lebih menarik.

Beberapa foto dibawah ini adalah contoh fotografi olahraga:


Momen kecelakaan

Momen keberhasilan

Perenang (fokus) ditambah komposisi rule of third

Memanfaatkan alam

Fotografi olahraga yang menarik perhatian banyak orang adalah sepak bola, karena momen dunia yang terjadi. Sampai-sampai menjadi tren menggunakan logo tim sepak bola kesayangan menjadi jaket, kaos, tas, dan aksesoris lainnya. Seperti di bawah ini:

http://www.republikbola.org/produk/soccer-club-jacket-inter-milan/

http://www.republikbola.org/produk/soccer-club-jacket-barcelona/

http://www.republikbola.org/produk/soccer-club-jacket-chelsea/

http://www.republikbola.org/produk/soccer-club-jacket-liverpool/

http://www.republikbola.org/produk/soccer-club-jacket-manchester-united-legend/

Ingin memiliki satu dari koleksi jaket bola di atas? Silakan klik pada gambar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar